Yakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkanYakin dan dapatkan

Kamis, 29 Oktober 2009

TEORI DAN PEMIKIRAN ARISTOTELES

Ajarannya tentang etika
Aristoteles mempunyai perhatian yang khusus terhadap masalah etika. Karena etika bukan di peruntukan sebagai cita – cita, akan tetapi dipakai sebagai hokum kesusilaan. Menurut pendapatnya, tujuan hidup ytertinggi hidup manusia adalah kebahagian ( eudaimonia ). Kebahagian adalah suatu keadaan dimana segala sesuatu yang termasuk dalam keadaan bahagia telah berada dalam diri manusia. Jadi, bukan kebahagian subjektif. Kebahagian harus sebagai suatu aktivitas yang nyata, dan dengan perbuatannya itu dirinya semakin di sempurnakan. Kebahagian manusia yang tertinggi adalah berfikir murni.
Ajarannya tentang Negara
Menurut Aristoteles, Negara akan damai apabila rakyattnya juga damai. Negara yang paling baik adalah Negara dengan sistem demokrasi moderat, artinya sistem demokrasi yang berdasrkan Undang – Undang Dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google

Pengikut